Interpretasi Nilai Sosial Budaya Dan Hukum Islam Dalam Rumah Khas Adat Penjalin Masyarakat Islam Majalengka

Authors

  • Afrida Naily A'la Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Nisfatur Rohmah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Wahidah Zein Br. Siregar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.25216/ikahi.2.2.8.2024.219-236

Keywords:

Nilai Sosial Budaya, Hukum Islam, Nilai Sosial Budaya; Hukum Islam; Rumah Adat Penjalin., Rumah Adat Penjalin.

Abstract

Indonesian, as one of the countries with the largest Muslim population in the world, has a variety of cultures, one of which is the architectural style of houses which requires socio-cultural values ​​and Islamic law. This article aims to examine socio-cultural values ​​and Islamic law in the architectural style of the traditional Majalengka penjalin house. This research uses a library study approach by using library sources as primary sources and analyzed using prescriptive analytical methods. The results of the research show that the traditional penjalin house in the Majalengka Islamic Community is full of socio-cultural values ​​and Islamic legal values, including the values ​​of socio-cultural life depicted in the form of stairs, Islamic legal values ​​depicted with 17 pillars indicating the number of prayer cycles, 3 windows. which opens out as a depiction of the values ​​of Faith, Islam, and Ihsan as well as the value of constitutional relations which are depicted in three carved patterns located in one of the rooms meaning that the occupants of the house are descendants of three kingdoms (Cirebon, Pajajaran, and Mataram).

References

Andri Nurjaman, Dadan Rusmana dan Doli Witro, "Filosofi dan Nilai-Nilai Islam dalam Gaya Bangunan Rumah Adat Kampung Naga Tasikmalaya", Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya, Vol. 7 No. 2 (2021).

Aktual, Bangunan Rumah Sesuai Konsep Islam Ajaran Rasulullah SAW., https://aktual.com/bangun-rumah-sesuai-konsep-islam-ajaran-rasulullah-saw-3/. Diakses pada tanggal 31 Januari 2024 pukul 13.00 WIB.

Bani Ahmad Saebani, Perkawinan dalam Hukum Islam dan Undang-undang, (Bandung: Pustaka Setia, 2008).

Bima Bagaskara, Rumah Adat Penjalin, Saksi Bisu Penyebaran Islam di Majalengka, https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5546252/ rumah-adat-penjalin-saksi-bisu-penyebaran-islam-di-majalengka. Diakses pada tanggal 1 Februari 2024 pukul 13.00 WIB.

Duriah Solihah, Rumah Adat Penjalin, https://budaya-indonesia.org/Rumah-Adat-Panjalin. Diakses pada tanggal 28 Desember 2023 pukul 7.10 WIB.

Ensiklopedi Dunia, Rumah Adat Penjalin, https://p2k.stekom.ac.id/ ensiklopedia/Rumah_Adat_Panjalin. Diakses pada tanggal 28 Desember 2023 pukul 7.10 WIB.

Info Majalengka, Mengenal Rumah Adat Penjalin yang Jadi Saksi Bisu Penyebaran Islam di Majalengka, https://www.infomjlk.id/2021/04/mengenal-rumah-adat-panjalin-yang-jadi.html. Diakses pada tanggal 28 Desember 2023 pukul 7.10 WIB.

Inilah Tasik, Rumah Adat Penjalin Warisan Budaya yang Jadi Saksi Bisu Penyebaran Agama Islam di Majalengka, https://www.inilahtasik.com/rumah-adat-panjalin-warisan-budaya-yang-jadi-saksi-bisu-penyebaran-agama-islam-di-majalengka. Diakses pada tanggal 1 Maret 2024 pukul 6.10 WIB.

Kemendikbud, Rumah Adat Penjalin: Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, https://warisanbudaya.kemdikbud.go.id/?newdetail&detailCatat=2337. Diakses pada tanggal 28 Desember 2023 pukul 6.00 WIB.

M. Nur Syafiuddin, "Aksentuasi Kepentingan Terbaik Anak Dalam Putusan Nafkah Sebagai Upaya Penjaminan Hak Asasi Anak (Accentuation of the Best Interest of Children in livelihood Decision as an Effort to Guarantee Children's Human Rights)", Jurnal HAM, Vol. 13 No. 2 (2022).

M. Quraish Shihab, Pengantin Al-Qur'an dan Nasihat Perkawinan Untuk Anak-Anakku, (Tangerang Selatan: Lentera Hati, 2015).

Muhammad Yusuf ‘Abdu, Al-Munafiqun fi Al-Quran al-Karim, Terj. Muhammad al-Mighwar, Jangan Jadi Munafik!: Siapa Saja Bisa Jadi Munafik, (Bandung: Pustaka Hidayah, 2008).

Noor Saif Muhammad Musaffi, Baiti Jannati: Tiga Kriteria Rumah Idaman, https://www.uin-suka.ac.id/id/kolom/detail/107/baiti-jannati-tiga-kriteria-rumah-idaman. Diakses pada tanggal 31 Januari 2024 pukul 14.00 WIB.

Orami, Baiti Jannati artinya Apa, https://www.orami.co.id/ magazine/baiti-jannati-artinya-apa. Diakses pada tanggal 31 Januari 2024 pukul 18.00 WIB.

Siti Mayang Sari dan Sherly Melinda, "Aplikasi Pengaruh Islam pada Interior Rumah Bubungan Tinggi di Kalimantan Selatan", Jurnal Dimensi Interior, Vol. 2 No. 2 (2004).

Sukawi, Wujud Arsitektur Islam pada Rumah Tradisional Kampung Kulitan Semarang, Seminar Nasional Arsitektur Nusantara Universitas Khaerun Ternate, Juni 2010.

Vanya Karunia Mulia Putri, Pengertian Akulturasi Budaya dan Contohnya, https://www.kompas.com/skola/read/2022/03/31/120000369/pengertian-akulturasi-budaya-dan-contohnya. Diakses pada tanggal 1 Februari 2024 pukul 13.00 WIB.

Wikipedia, Rumah Adat Penjalin. https://id.wikipedia.org/ wiki/Rumah_Adat_ Panjalin. Diakses pada tanggal 28 Desember 2023 pukul 7.10 WIB.

Zulkarnain AS dan Andi Hildayanti, "Integrasi Konsep Arsitektur Islam pada Rumah Adat Saoraja Lapinceng Kabupaten Barru", Jurnal Nature: National Academic Journal of Architecture, Vol. 5 No. 1 (2018).

Published

26-08-2024

How to Cite

Naily A’la, A., Nisfatur Rohmah, & Wahidah Zein Br. Siregar. (2024). Interpretasi Nilai Sosial Budaya Dan Hukum Islam Dalam Rumah Khas Adat Penjalin Masyarakat Islam Majalengka. Judex Laguens, 2(2), 219–236. https://doi.org/10.25216/ikahi.2.2.8.2024.219-236

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.